Friday 13 June 2014

Trend-Trend Kreatif Orang Indonesia di Twitter

Hey amigos!

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar "Twitter"?
Media sosial? Ya.
Situs mikroblogging? Bisa jadi.
Tempat eksis diri di dunia maya? Ya, bisa jadi.
Lah, ini kok kayak yang di SCTV itu hm.. Jadi, di zaman yang sudah berkembang sedemikian pesatnya ini pasti banyak alat-alat canggih yang bisa memudahkan manusia. Tidak terkecuali media sosial, bahkan banyak penduduk di belahan dunia manapun menggunakan media sosial sebagai sarana bagi mereka untuk dengan mudah berkomunikasi secara cepat, efisien, dan murah. Meskipun tidak semuanya, bagi mereka-mereka yang masih erat memegang erat budaya nenek moyangnya dan tidak mau berinteraksi dengan teknologi bisa jadi mereka tidak mengenal apa itu media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, etc).

Saya baru 2 tahun berkecimpung di dalam dunia pen-Twitter-an, tapi sudah pernah merasakan asam manis pahitnya menjadi anak Twitter /ceilah/ Mulai dari sepasang kekasih yang bermesra-mesraan di linimasa saya, spamming, dan lain-lain. Okay, kalau spamming masih wajarlah.. tapi kalau dua orang lagi bermesra-mesraan di linimasa saya? Sakit euy lo liat nggak sih gue jomblo <//3

Dan selama 2 tahun itu pula saya menjadi pengamat amatir dunia pen-Twitter-an. Ada trend-trend yang diciptakan oleh pengguna Twitter Indonesia yang kreatif, apa diantaranya?


1. Trending Topic Worldwide
Analisis :
Pengguna Twitter Indonesia sangat kreatif menciptakan trending topic yang dalam hitungan detik saja sudah bisa menjadi TTWW. Mereka dengan sangat mudah ngetweet topik yang sedang populer, entah apa tujuannya. Sarana eksis diri, mungkin :) Nah, dari gambar yang saya screencapture di atas itu terlihat 6 topik yang menjadi TTWW. Diantaranya #Soal_Nessiannn , seperti yang sudah saya duga sebelumnya topik tersebut adalah semacam menjawab soal dari sebuah akun Twitter. Ini sangat sering kita temui, terkadang jawaban-jawaban dari soal tersebut semacam curcol, hihihi geli. #ABGJADIMANTEN100 , yang membuat topik ini pasti yang suka sinetron itu gara-gara ada anggota boyband. #IndonesiaHEBATprorakyat , ini kampanye macam apa? Atau..? Entahlah.. TTWW LagiKangenBangeet, MasihSuka Nabung, PengenJadiArtis itu ya semacam curcol juga, spamming juga sih. Menurut kamu TTWW yang dibuat pengguna Twitter Indonesia itu gimana sih? :D

2. Avatar Sebelah Kanan Tulisan : 2, I Stand on The Right Side


Analisis :
Nah, yang suka memasang avatar bersebelahan dengan angka 1 maupun 2 menurut saya menunjukkan mereka akan memilih pasangan urut yang sesuai dengan avatar mereka pada pemilihan capres-cawapres nanti. Ini semakin menunjukkan asas rahasia dalam pemilu menjadi tidak rahasia lagi dan membiarkan hal tersebut menjadi trend.

3. Demam Meme "Jadi Kamu Putusin Aku Karena Dia ..."
Entah dari mana meme ini awalnya berasal, dari 1cak.com katanya sih. Jadi biasanya dalam satu frame foto itu dibagi menjadi 6, kaya gini

Foto pertama biasanya cewek berkaca mata kemudian bertransformasi..
tadaaa si cewek pun berubah!
Ini cowok cakep banget ahaha

Dan seketika seisi Twitter berlomba-lomba membuat meme serupa dengan versi mereka, geli :v

Kurang kreatif apa coba? :v Menurut kalian (selama berkecimpung di Twitter) , trend-trend apa yang orang Indonesia buat? Semoga orang-orang Indonesia semakin kreatif!

PS : Btw, Jum'at kemarin saya sudah menyelesaikan UKK. Bentar lagi saya akan duduk di kelas 11 yeaaay :) Saya terakhir ngeblog 18 Mei, kurang lebih 3 minggu nggak ngeblog hikks *bersihin sarang laba-laba* *kemudian kecups pembaca satu-satu* *kabur* XD


39 comments:

  1. Memecomik nya emang lagi trend tuh :D

    Nicepost lah hehe

    ReplyDelete
  2. bener banget.. tapi gue paling sebal yg nge-spam karena akunnya auto re-tweet, pdhal aku udah pernah nulis di blog ttg cara menghentikan auto retweet di twitter. berharap mereka melihatnya.

    ada yg lg trend di kalangan mahasiswa, tentang meme comic kampus masing2.. kemarin aku baru liat meme comic kampus UB. haha
    btw, aku juga 2, I Stand on The Right Side loh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. huft sodorin link blogpostnya kak biar auto retweetnya berhenti XD
      2, I Stand on The Right Side, nice. #respect aku belum 17 nggak bisa nyoblos hehehe

      Delete
  3. "Jadi kamu putusin aku padahal aku juga bisa gemulai" meme "jadi kamu putusin aku" terkocak ini =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya heuheu =)) terkocak, tapi yang ngeliat aduh geli sumpah

      Delete
  4. Itu sih Indonesia banget ya? :D

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. gambar yang mana nih? yang meme gemulai? :)) hahaha

      Delete
  6. meme nih sekarang lagi trend, entah darimana berasal :|
    kalo trending topic kerjaan buzzer hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang lagi trend, buzzer yang orang Indonesia hehe

      Delete
  7. hahaha meme nya kocak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kocak banget :) btw tulisannya gimana nih? yang dikomen meme nya aja nih hehe

      Delete
  8. kelewat kereatif, ampe hal ga penting aja jadi TWW ya, huft...

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. anak muda biasanya masih banyak ide-ide segar gitu, yaudah kan anak muda erat dengan jiwa kreatif :)

      Delete
  10. hahaha kocak :D
    Memang sih kreatif...
    tapi kadang Saya risih sama yang begituan Sob :3

    ReplyDelete
  11. hahaha paling kocak tetep yg gambar memecomik :D

    ReplyDelete
  12. TTWW yang dibuat oleh orang Indonesia kreatif - kreatif sih, tapi rada aneh juga hahaha.

    eh kalau berkenan, mampir balik ke blog aku ya :)
    http://anisaoktariani.blogspot.com/

    ReplyDelete
  13. haha. yang meme itu katanya sih beredar di path juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di fb sama whatsapp juga banyak beredar juga kak :D

      Delete
  14. Selalu banyak ttww gajelas, sian ah. :')

    Aku lebih memilih memasang ava yg menplesetkan huahaha. "Anak Ke-2 Itu Baik" bkn "I Stand on The Right Side" :p

    Meme? Ah, udh bnyk meme yg terlalu berkembang di Indonesia ini.

    Btw, selamat UKK kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps, ttww nya nggak jelas banget dan sering juga nangkring jadi ttww :")

      kreatif, bagus dong hahaha :p

      sudah UKK dong, makasih ya!

      Delete
  15. Emang cewek berkacamata jelek ya? Saya mah malah suka.

    ReplyDelete
  16. Setelah ada oknum yang menjadikan TTWW sebagai bahan pundi-pundi rupiah, gue udah gak percaya lagi sama TTWW dari Indonesia. Lebih percaya Google Trend. Hehe

    Meme yang "Jadi kamu mutusin aku karena dia.." ini ngehek-ngehek lah semuanya.. Btw dari postingan di atas bisa disimpulin betapa berpengaruhnya twitter, ya? Iya.

    Salam,
    ThrwBlog http://thrw.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oknum yang nggak bertanggung jawab banget sih, iya.. Haha iya dibikin hiburan aja lah ya :) oke salam kak

      Delete
  17. gue juga bikin meme kek gituan xD

    ReplyDelete
  18. 1,5: I Stand On The Right Side. Vote JukiHoki for RI1! #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo vote JukiHoki jadi RI1 aja deh ya ?eh

      Delete
  19. wah sama dong gua juga lagi naik ke kelas 11. Amin.

    ReplyDelete

Please don't be a silent reader! :) sepatah dua patah komentar dari kalian sangat berarti hehe. Terimakasih sudah membaca ya. Salam. -@Firdausaah