Sunday 29 March 2020

Yuk #DiRumahAja : 3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Pandemi COVID-19

Bentuk COVID-19. Source : CDC.

Virus Korona jenis baru atau COVID-19 telah menyebar ke seluruh dunia. WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia melalui website resminya memberikan informasi tentang COVID-19 dan apa saja yang harus kita lakukan untuk melindungi diri dari virus ini. Berikut merupakan laman terpercaya yang bisa dibaca daripada membaca pesan berantai di grup WhatsApp keluarga, hehe.
Selama tiga bulan terakhir, kita disuguhkan berita tentang COVID-19. Informasi menyebar dengan cepat melalui media sosial maupun kanal berita televisi/radio. Belum adanya vaksin yang teruji secara klinis dapat menyembuhkan penderitanya, penyebaran virus ini di Indonesia membuat gusar masyarakat. Tidak terkecuali perasaan cemas saat melihat semakin meningkatnya jumlah orang yang terinfeksi maupun pasien yang meninggal dunia akibat COVID-19. Kepanikan dan stres berlebihan terkait wabah COVID-19 dapat memicu menurunnya daya tahan tubuh. Berbagai anjuran pemerintah maupun WHO untuk mengurangi resiko penularan COVID-19 diantaranya pembatasan sosial (social distancing) dan physical distancingOleh karena itu, berikut adalah hal yang bisa kalian lakukan saat #DiRumahAja.


  • Membuat jamu!!!


Empon-empon. Sumber : dokumen pribadi
Bahan yang digunakan untuk membuat empon-empon sangat mudah, bahkan dapat ditemukan di warung dekat rumah maupun menanam bahan herbal tersebut sendiri. Untuk segelas besar jamu, yang diperlukan diantaranya yaitu : 1 ruas jahe, 2 ruas kunyit, 1 batang serai, asam jawa secukupnya, gula aren / gula merah secukupnya, kalau suka manis boleh banget ditambahin 1 sdm madu. 

Senyawa kurkumin pada bahan alami tanaman kunyit atau tumeric (Curcuma longa L) telah dilaporkan adanya potensi terapeutik kurkumin dan kurkuminoid yang bermanfaat sebagai antibiotik, antiviral, antioksidan, dan antikanker. (Jurnal NCBI, mengutip dari artikel Prof. Daryono Hadi Tjahjono). Diminum dalam keadaan perut kosong di pagi hari sangat bagus, lho! Meskipun jamu baik dikonsumsi untuk tubuh, namun penggunaan yang berlebihan juga tidak disarankan. Seminggu dua kali rasanya cukup.
  • Mengikuti Kelas Daring
Banyak situs yang memberikan kelas daring secara gratis pada masa self-quarantine ini. Bahkan tersedia pembelajaran dari kampus Ivy League!!! Seru bukan??? Nah, untuk kelas daring ini, bisa banget pilih topik yang kamu banget pokoknya! Ada kelas arsitektur, biologi, teknik, bahkan programming juga ada.

  1. edX course
  2. Cambridge Core
  3. Open Yale Course
  4. Open Michigan
  5. Harvard Online Course
  6. IndonesiaX ; semacam edX tapi isinya juga nggak kalah keren!
Tertarik mengikuti kelasnya?
  • Menonton Drama Kesayangan 
Meminum jamu dan mengikuti kelas daring sudah dilakukan, saatnya hiburan! (paling seneng bagian ini, hehe). Masa self-quarantine serta mengamalkan physical distancing bisa sangat berat, apalagi untuk yang biasa pergi ke mall, bioskop, maupun kafe. Namun, demi kebaikan bersama, #DiRumahAja bersama drama/series merupakan salah satu opsi. Berikut drama yang bisa kamu tonton.







Listnya cukup segitu soalnya nanti kalo kebanyakan malah jadi review drama HEHEHE. Kalian bisa mengunjungi akun fanbase kesayangan untuk informasi terkait drama yang sedang tayang maupun sudah tamat. 

Nah, hal diatas merupakan contoh kegiatan yang dapat dilakukan saat #DiRumahAja. Kalau kalian biasanya ngapain? Yuk sharing! Tetap semangat dan jangan panik berlebihan. Selalu ingat 5 langkah cuci tangan pakai sabun dan air mengalir! Semoga COVID-19 segera berakhir dan jaga kesehatan!!!

Bacaan :


No comments:

Post a Comment

Please don't be a silent reader! :) sepatah dua patah komentar dari kalian sangat berarti hehe. Terimakasih sudah membaca ya. Salam. -@Firdausaah