Wednesday 16 April 2014

I Don't Wanna Grow Old


         Seiring bertambahnya usia kita, waktu untuk merasakan secercah bahagia sangat tidak mudah. Setidaknya bagi saya, kebahagiaan yang saya rasakan kini merupakan hasil pencarian ‘naluri’ hati. Contohnya : berkumpul bersama teman sesama ekstrakurikuler Merpati Putih di SMAN 1 Jember dan sebagian teman yang saya memang benar-benar nyaman untuk berbagi rasa. Mengapa hanya sebagian teman? Ya, I can’t talk with people who have different topic and interest with me, surely. Sedih sih iya, but I can’t change myself. Tapi disini maksudnya bukan berarti saya orangnya introvert banget dan nggak peduli dengan dunia luar.
         Seperti layaknya remaja pada umumnya, saya juga nggak bisa jauh-jauh sama yang namanya handphone, laptop, internet, social media! Ya karena kan sekarang zamannya canggih banget, sehari aja nggak megang hp/smartphone udah berasa kehilangan informasi yang berharga. Jadi gelagapan, oh where’s my smartphone?
         Dunia memang sudah mengubah kita menjadi anak-anak digital dan menciptakan generasi digital. Bayangkan, batita pun juga doyan memakai iPhone. Tidak salah memang, itu merupakan suatu kemajuan pesat yang diciptakan manusia untuk era yang lebih baik, katanya.
         That’s.. quite different with my childhood, tahun 2004 saya kelas 1 SD. TK-nya tiga tahun -_-) nah, hal-hal yang membuat masa kecil saya bahagia adalah *jengjeng*
1.   Teletubbies

“Berpelukaaan”. Itu kata yang paling saya ingat dari Teletubbies. Teletubbies sendiri benggotakan Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po yang super duperrrr gemesin banget  minta dipeluk. Paling suka Po, unyu gitu mungil hahaha.
2.   Belajar Bersepeda

Masih inget banget dulu belajar sepeda sama Ayah, yang nuntun naik sepeda Ayah, yang menghibur saat jatuh Ayah, kalo ada yang luka..yang mengobati Ayah :”)
Panas-panas belajar sepeda pake sepeda roda tiga, sepatu sekolah, cusss dah! Nggak peduli lagi meskipun jalan belum di aspal, masih berdebu dan jatuh berapa kali.. Akhirnya saya bisa naik sepeda roda tiga, bung! Horeee :p saya juga berusaha supaya bisa naik tingkat ke tahap selanjutnya, sepeda roda dua.
3.   Main Layang-Layang


Mana ada masa kecil kita dihabiskan buat ‘berkutat’ dengan soal-soal permasalahan hidup yang pada umumnya dipikirkan orang dewasa? Nggak. Saya dibesarkan di desa, lingkungan alamnya masih terjaga dengan baik oleh warga desa disini selama bertahun-tahun. Sawah, pepohonan lebat, lapangan masih ada! Dulu, waktu saya SD kelas 4 – 6 , sering banget tiap sore main layang-layang. Dari mulai berusaha membuat layang-layang sendiri dan nggak bisa-bisa, baju kena lumpur semua, pulang maghrib dan dimarahin ortu tuh kayanya udah jadi tradisi aja.
4.   Main Bola Bekel
Bola kecil unyu yang ukurannya kaya telur bermotif ini sering banget dimainin sama anak cewek sih biasanya. Biasanya dimainin minimal 2 orang. Bentuknya kaya gini 


5.   Main Lompat Tali

Saya paling nggak bisa main lompat tali, kalo mainnya kaya gini.
Tapi main sendiri mah bisa.. Ada kenikmatan tersendiri gitu lah hahaha
6.   Main Petak Umpet
Ngumpet paling seru ya disemak-semak. Mengendap-endap, ‘dijumpriti’ jadi yang bagian nyari yang lain. Pas ngaji juga sempet-sempetnya main petak umpet gitu, bareng Intan, Ista, Rada, Mbak Ayu, Mbak Tia, Mas Apang dll nah yang bikin nggak mainstream itu saya pernah ngumpet di kuburan supaya menghindari ‘si pencari’ itu. Bulu kuduk merinding :3
7.   Main Pasir
Dulu ada tumpukan pasir di depan rumah, jadi ya daripada saya nganggur mending bikin bangunan-bangunan pasir. Sesekali manjat pohon Rambutan dan tiduran di atas pohon, hehe.
8.   Main Lego
Saya juga nggak jago-jago amat bikin lego, mentok paling ya bikin menara.
Poin 3 – 8 isinya main yaa :p main sepuasnya lah
9.   Menyiram Bunga
Saya termasuk penggemar bunga-bunga cantik, jadi di rumah suka gitu lihat bunga-bunga tumbuh bermekaran. Setiap sore sepulang TPQ, saya selalu menyempatkan menyiram bunga-bunga yang tumbuh di depan rumah. Nggak hanya bunga-bunga aja yang saya siram, tapi pohon Mangga, pohon rambutan, dan pohon Jambu di depan rumah juga nggak luput dari siraman saya. Rumah udah kaya kebun aja :p
At last but not least, masa kecil saya nggak sepenuhnya diisi dengan bermain saja. Tentunya juga belajar dengan giat dan saya pernah menyabet juara 1 Olimpiade IPA SD. Dengan ini saya bersyukur masa kecil saya nggak ‘disogoki’ mewahnya gadget. Kami bukan anak dari generasi digital untungnya, tapi masa remaja saya gadget sudah merupakan kebutuhan primer.
I miss my childhood..
I don’t wanna grow old (but I must grow up)..
 Seeing my childhood picture made me really happy..

All photos is taken from here

12 comments:

  1. Wah menyentuh :') ada yang kelupaan menurut gue, pernah main polisi-maling? gue paling seneng banget jadi maling, karena dengan jadi maling, berarti kita yang dikejar dan harus ngumpet. padahal kan maling yang sesungguhnya adalah perbuatan yang tercela. Ah, peduli apa kita waktu masih anak - anak tentang hal itu? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya :') pernah lah, seringnya main polisi-maling itu pas ngaji dulu. malem-malem pasti ngumpetnya kalo nggak di kuburan ya di rumah tua dekat surau. haha nggak peduli dulu itu.. yang penting main dan happy yuhuuu :D

      Delete
  2. Hahaha masa kecilku juga samaan ngangeninnya. Gimana setiap sore selalu dicariin sama Bunda gara-gara main ngga pulang-pulang. Duh, sekarang bahkan ngga bisa main lagi, banyak banget laporan praktikum. Huks, baca tulisan ini bikin kangen :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama :( haha yang nulis ini juga sama kangennya dengan masa childhood yang menyenangkan. Semangat bikin laporan praktikumnya ya :)

      Delete
  3. terus ada acara makan bareng, biasanya saling tukeran lauk..hehe,masa-masa dahulu.ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih hehe, tukeran kado sayangnya nggak ada :p

      Delete
  4. Masa anak kecil anak-anak sekarang akan bahagia kalau memanfaatkan dunia digital tersebut... Menurut gue sih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. main game di smartphone, whatsapp-an, streaming Youtube dll yang memanfaatkan dunia digital? sampe puas masa anak kecil anak-anak sekarang pegang gadget :p

      Delete
  5. sekarang di lingkungan tempat tinggal saya lagi musim layangan. Entah kapan terakhir kali main layangan, lari-larian di lapangan. Balapan sepeda. Maen masak-masakan. Ahhh, kangen maen petak umpet :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh iya main masak-masakan juga dulu pernah, ahh kangen ya :)) terus semangat menatap masa depan dah

      Delete
  6. Wah kebanyakan emang pada nostalgia, termasuk gue. Hmm mengenang main gobag sodor, tapi yang jaga kelompok gue melulu --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasihan xp nostalgia memang indah uwuwuuu

      Delete

Please don't be a silent reader! :) sepatah dua patah komentar dari kalian sangat berarti hehe. Terimakasih sudah membaca ya. Salam. -@Firdausaah