Sunday 2 February 2014

Mangkok


        Apa yang kamu ketahui tentang mangkok? Ya, cekung, bundar, bagian permukaannya lebih luas daripada bagian alasnya, terbuat dari porselen atau bahan lain, tempat untuk makanan berkuah. Mangkok sangat mudah untuk kita jumpai, di rumah kita pun pasti ada benda bernama mangkok ini.
         Sebagai umat manusia, kita sudah pasti tentu pernah mencicipi pahit manisnya kehidupan. Saya pikir, tidak seorang pun manusia yang hidupnya mulus-mulus saja. BIG NO! Apa yang dia inginkan, tercapai dengan instan. Tanpa ada makna perjuangan yang dirasakannya.
         Let me tell you my dear friend, life is not just ‘whatever with tomorrow’.


         Dalam kehidupan ini, Tuhan sudah mengatur alam beserta isinya dengan sedemikian rapi. Matahari bersinar, planet-planet berevolusi dan berotasi, bintang-bintang di angkasa, dan lain sebagainya. Begitupun juga dengan kehidupan makhluk hidup di Bumi, manusia hidup berdampingan dengan hewan dan tumbuhan secara damai. I believe, Tuhan Maha Adil. Ia sudah mengatur kehidupan manusia dengan rapi, tetapi Dia memberikan kita dua mangkok yang berbeda isi. Apakah isi dari mangkok tersebut?
         Mangkok yang disajikan Tuhan ini adalah: mangkok kesukaran dan mangkok kebahagiaan. Mangkok kesukaran ini berisi tentang kegiatan-kegiatan yang sangat mengasyikkan dan banyak sekali kaum remaja menikmatinya. Contoh: bermain game online di warnet berjam-jam, bermain tanpa kenal waktu, lupa akan kewajiban agamanya, asyik merokok dengan teman, tidak mengerjakan tugas rumah, berkelahi, menggosip, dan lain-lain. Sedangkan isi mangkok kebahagiaan adalah belajar, rukun dengan teman, menghormati guru, dan lain-lain.
         Jika seseorang masa remajanya diisi dengan sering bermain game online di warnet berjam-jam, tidakkah mereka berfikir bahwa hidup ini panjang? Masa depannya bagaimana? Suram? Ya. Saya berikir seperti itu. Meskipun takdir di tangan Tuhan, mostly masa tua remaja yang diisi dengan bersenang-senang terlebih dahulu masa tuanya mengalami kesusahan.
         Mangkok yang berisi dengan hal-hal yang berisi dengan kesukaran dan sangat enjoy-able kenapa kok disebut mangkok kesukaran? Seperti contoh bermain game online di warnet berjam-jam, dampaknya memang tidak langsung. Hal itu berdampak dapat mengganggu jam belajar, lupa mengerjakan pr, lupa shalat, lupa waktu dan berbagai hal negatif lainnya. Sedangkan untuk mangkok kebahagiaan, meskipun berisi hal-hal yang sangat menggerahkan coba kita melihat permasalahan tersebut dengan membuka mata lebar-lebar dan membuka hati.
        

         Di usia remaja ini, kita akan mengabil mangkok yang mana? Mangkok kesukaran kah? Atau mangkok kebahagiaan? ;))



*Insp : Lintang Cahyani

3 comments:

Please don't be a silent reader! :) sepatah dua patah komentar dari kalian sangat berarti hehe. Terimakasih sudah membaca ya. Salam. -@Firdausaah